Kurikulum

Kurikulum

TAUFIQI SCHOOL mengembangkan kurikulum Nasional menjadi kurikulum khas TAUFIQI SCHOOL, yaitu Kurikulum MADANI.

Kurikulum MADANI: Mahabbah, Al Quran, Adab, Sains Teknologi, Rabbani, Islamic Leadership

Kurikulum ini disusun dengan menjadikan Al quran, adab, ilmu pengetahuan dan sains teknologi dibalut dengan rasa kasih sayang yang bersumber dari nilai religiusitas untuk melahirkan insan Rabbani, insan Sosial, insan Pemimpin dan insan Madani yaitu orang yang dekat dengan Allah, memiliki sifat dan peran sesuai dengan yang diharapkan Allah SWT (khalifah fil ard).

Mahabbah: rasa kasih sayang menjadi ruh iklim sekolah dalam interaksi sehari-hari yang tumbuh dari nilai-nilai religiusitas dan akan memicu tumbuhnya rasa peduli, saling menghargai dan bertanggung jawab, baik secara individu maupun dalam komunitas sekolah.  

Al Quran: menjadikan AlQuran dan sunnah sebagi dasar dan sumber pengkajian ilmu-ilmu yang dipelajari untuk membentuk mind set yang menyelamatkan manusia.

Adab : Adab sebelum ilmu, akan menjadi sebab kemudahan dan kebermanfaatan ilmu, sehingga penanaman adab dilakukan lebih dahulu sebelum belajar yang lainnya.

Sains teknologi:mempelajari  ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pendekatan project based learning dan beragam metode belajar yang ramah otak dan melibatkan semua indera.

Rabbani : melahirkan orang-orang yang memiliki kedekatan hati-ruhiyah dengan Allah (hablumminallah), memiliki sifat dan peran sesuai dengan yang diharapkan oleh Allah SWT dalam berkehidupan kebangsaan tataran dunia (khalifah fil ard)

Islamic Leadership: menjadikan Al Quran dan sunnah sebagai sumber nilai-nilai kepemimpinan dan meneladani praktek kepemimpinan rosululullah dalam manajemen diri, orang lain dan bernegara.

 

Proses Belajar Mengajar

Proses pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada prinsip pembelajaran Kurikulum Madani, yaitu :

  • Mengkaji konsep-konsep dasar materi melalui aktivitas tafakur dan tadabur. Melakukan eksplorasi untuk menggali pengetahuan melalui beragam metode dan pendekatan. Memfasilitasi siswa memahami nilai-nilai islam, pengetahuan dan keterampilannya dalam setiap bidang studi sehingga akan semakin mengenal dan dekat dengan Allah SWT.
  • Sebuah proses secara sadar untuk merefleksikan berbagai pengetahuan dan pemahaman yang digali dan sudah dimilikinya ke dalam dirinya serta berlatih memasukan nilai-nilai kebaikan dalam pemikiran dan sikapnya.
  • Mempraktekan pemahaman dan nilai-nilai kebaikan yang sudah dipelajarinya, melalui kegiatan pembiasaan ibadah dan amalan-amalan soleh yang nyata.

Berupaya memperluas amal-amal kebaikan dan kebermanfaatnya bagi sekitarnya.