Profil

TKIT AT TAUFIQ

  • 79
    Total Siswa
  • 3
    Total Manajemen & Guru

Profil

TKIT At Taufiq didirikan pada hari Sabtu tanggal 24 Februari 2002, berkedudukan di Jalan Cimanggu Permai I dan diresmikan oleh wakil Presiden RI Bapak Hamzah Haz pada hari Sabtu tanggal, 24 Agustus 2002. Dibawah naungan Yayasan At Taufiq yang berkedudukan di Cimanggu Permai 1 dengan No SK Pendirian 261 Tahun 2001. Gedung sekolah dibangun di atas lahan seluas 565 meter persegi dengan bentuk legalitas kepemilikan sertifikat wakaf dengan nomor  00037/2006 ditandatangani oleh Kepala Kantor Pertanahan  Kota Bogor, Ir. Esti Prajoko pada tanggal 28 Juni 2006.

Pada tahun 2001 atas rahmat Allah SWT, seorang dermawan bernama Muhammad Bin Said Babaidhon dari Negara Arab Saudi mewakafkan sebidang tanah wakaf yang diatasnya kemudian didirikan sebuah mesjid dan bagunan sekolah pada tingkat Taman Kanak-Kanak  dan Sekolah Dasar yang sampai saat ini masih beroperasi di Kota Bogor. Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik berdirinya masjid sebagai sarana ibadah bagi masyarakat muslim di lingkungan Cimanggu Permai masjid dan juga keberadaan sekolah TK yang dapat menjadi alternatif sarana pendidikan di lingkungan ini.

Berdasarkan Surat Ijin Operasional pertama yang dikeluarkan oleh  Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Bogor Nomor : 421/36-P dan P Tahun 2002 tentang Izin Pendirian dan Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak TK At Taufiq, dengan her registrasi terakhir tahun 2020 dengan nomor 421.10/3275/PAUD-DIKMAS, TKIT At Taufiq secara resmi dapat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di wilayah Kota Bogor, hingga saat ini. Pada tahun pertama berdiri, TKIT At Taufiq memiliki peserta didik sebanyak 32 anak dengan 4 orang tenaga pendidik. Dan pada perkembangannya, jumlah peserta didik terus bertambah seiring dengan tingginya minat masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya di TKIT At Taufiq. Pada Tahu Pelajaran 2021/2022, jumlah peserta didik sejumlah 118 anak, dengan 18 tenaga pendidik (15 lulusan S1, 3 orang sedang menyelesaikan Pendidikan S1), 3 manajemen sekolah (lulusan S1) dan 2 penjaga serta petugas kebersihan (lulusan SMA).

Untuk proses pelaksanaan pengelolaan satuan PAUD, TKIT At Taufiq mengacu pada Permendikbud No, 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD dan  Permendikbud No, 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 PAUD. Selain itu, TKIT At Taufiq juga menggunakan Kurikulum Insan At Taufiq yang menekankan pada pengembangan nilai-nilai agama dan terintegrasi dengan Kurikulum 2013 PAUD. Pada masa pandemi ini, model pembelajaran yang dikembangkan merupakan perpaduan antara model kelompok (pada kegiatan zoom kelas) dan individu (kegiatan video call) dan dilakukan secara daring (online). Namun, apabila pemerintah sudah mengijinkan pihak satuan PAUD untuk melakukan kegiatan Tatap Muka Terbatas, maka TKIT At Taufiq insya Allah akan menyelenggarakan dua jenis pelayanan Pendidikan yaitu secara daring dan luring  dengan tujuan untuk mendukung perkembangan peserta didik secara optimal dan memberikan landasan bagi peserta didik agar kelak dapat menjadi bagian dari masyarakat  Indonesia yang  beriman, produktif, kreatif, inovatif, mampu memenuhi tuntutan kebutuhan jaman,  dan memiliki kecerdasan emosional sebagai individu dan warga negara Indonesia.

Selanjutnya, TKIT At Taufiq terus bebenah diri agar tetap menjadi lembaga PAUD yang professional dengan turut aktif dalam organisasi mitra IGTKI, PKG  serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan pelatihan dan seminar yang diselenggarakan oleh  internal lembaga,  pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Bogor, maupun lembaga non pemerintah.  Pada  tahun 2013, kami melakukan perubahan dalam model  pembelajaran dari klasikal menjadi model sentra. Alhamdulillah,  pada tahun 2012 dan 2016, TKIT At Taufiq telah mendapatkan akreditasi  A dari BAN PNF.

Pada tahun 2019, TKIT  At Taufiq juga telah divisitasi dan dinyatakan sebagai  Sekolah Ramah Anak  oleh dinas terkait. Dan untuk saat ini, kami terus memperbaiki sarana dan prasarana agar lebih aman dan nyaman sehingga dapat memenuhi protokol kesehatan saat kegiatan tatap muka terbatas di sekolah dapat dilakukan.

 

Guru

Anita Riyanti, S.Komp

Sekretaris Unit

Jahiroh, S.Pd.AUD

Wakil Kepala Unit

Mustikawati, S.Sos

Kepala Unit

Struktur Organisasi

Visi Misi

 

 

Kurikulum

Visi

“Menjadi Sekolah Terdepan Dalam Mewujudkan Generasi Islami Yang Memiliki Keunggulan Global”.

Misi

  1. Menyelenggarakan ekosistem pendidikan bermutu dan menerapkan kurikulum yang membangun kesadaran diri dalam Hablumminallah, Hablumminannas dan Hablumminal’alam dalam upaya pengembangan optimal potensi dan kompetensi peserta didik sesuai fitrah perkembangan dan tuntutan zaman, sehingga terlahirkan generasi islami yang unggul dalam prestasi dan memiliki keunggulan global.
    • Menanamkan aqidah yang lurus bermanhaj ahlussunnah wal jama’ah dan mengajarkan ibadah yang sesuai dengan Al Qur’an dan sunnah 
    • Menanamkan Akhlaqul Karimah berbasis keimanan dan kesadaran insaniah kepada Peserta Didik  
    • Mengembangkan ruhiyah, fikriyyah dan jasadiyyah peserta didik, melalui proses pembelajaran yang menghargai fitrah insaniah dan tahapan perkembangan untuk memunculkan keunggulan yang telah dikaruniakan Allah SWT 
    • Meningkatkan kemampuan pendidik  dan tenaga kependidikan untuk menjadi qudwah hasanah dalam ilmu, amal, ibadah dan akhlakul karimah

 

2. Mengembangkan sumberdaya manusia yang unggul, kompeten, dan religius secara terencana dan berkelanjutan.

  1. Menerapkan sistem manajemen mutu berstandar internasional dan digitalisasi sistem pengelolaan sekolah yang amanah dan profesional.
  2. Menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang relevan, baik di dalam maupun luar negeri,  untuk mengembangkan lembaga agar mampu berkontribusi sebesar-besarnya bagi peningkatan kualitas pendidikan dan dakwah.