Profil

MTS. TAUFIQI

  • 113
    Total Siswa
  • 4
    Total Manajemen & Guru

Profil

1.  RELIGIUS menjadi Insan Rabbani

    • Selalu menggantungkan diri pada Rahmat, kasih sayang, perlindungan dan pertolongan Allah SWT dalam setiap aktivitas.
    • Selalu menghiasi lisannya dengan dzikir, doa, kalimat toyibah dan tutur kata sopan.
    • Mampu mengelola potensi, emosi dan perilaku untuk mencapai ridho Allah SWT.

 

2.  RESPECT menjadi Insan Sosial Berakhlak Karimah

  • Menghargai diri sendiri sebagai ciptaan terbaik Allah SWT dan bentuk rasa syukur atas karunia yang diberikan Allah SWT.
  • Menghargai orang lain dengan mengharap keridhoan Allah SWT
  • Menghargai orang lain dengan segala keunikan dan keistimewaan yang telah Allah anugerahkan,
  • Saling memedulikan satu sama lain untuk mencapai kualitas kehidupan yang bermakna, bahagia dan bermanfaat di dunia dan di akhirat

 

  1. RESPONSIBLE menjadi Insan Pemimpin yang SMART
  • Menjadi insan pemimpin SMART (Sholih, Mumpuni, Adaptif, Ramah-Rahmah, Tenggang rasa) yang unggul dan berprestasi untuk mengemban amanah Allah sebagai khalifah di bumi
  • Tanggung jawab diri dan masa depannya
  • Tanggung jawab terhadap orang lain dan lingkungan (pemimpin dalam kebaikan)

 

  1. RAHMATAN LIL ALAMIIN menjadi Insan Madani
  • Insan yang beradab penuh kasih sayang kepada semua makhluk
  • Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan-kebangsaan
  • Maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menebarkan kebermanfaatan dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan peradaban dunia.

 

BUDAYA DAN TATA NILAI TAUFIQI SCHOOL

Tata nilai (values) dikemas dalam TAUFIQI: Tauhid, Adab-Akhlak, Ukhuwah, Fastabiqul Khairot, Inovative-Creative, Qur’anic insight, Integrity

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

T     :    Tauhid               Keridhoan dan rahmat Allah SWT menjadi satu-satunya tujuan            dalam beraktivitas

A     :    Adab-Akhak      Adab-akhlak sebelum ilmu, akan menjadi sebab kemudahan dan         kebermanfaatan ilmu dan hasil kerja.

U    :    Ukhuwah          Rasa persaudaraan yang tumbuh dari keimanan menjadi ruh yang       melandasi semangat kerja sama dan bahu membahu untuk       mencapai kesuksesan bersama

F     :   Fastabiqul khoirot Berlomba-lomba dalam kebaikan ilmu, amal, ibadah dan     kontribusi diri untuk mencapai pribadi yang unggul dan       berprestasi

I      :    Inovatif dan kreatif Kreatif dan inovatif dalam hasil belajar dan bekerja; berpikir          kritis, kreatif dan inovatif dalam menemukan solusi.

Q    :    Qur’anic insight Menjadikan Al quran dan sunnah sebagai dasar dan sumber    hukum dalam pengambilan keputusan dan kebijakan untuk dapat  bersikap Adil dan Amanah

I      :    Integrity            Seorang muslim profesional belajar dan bekerja dengan ikhlas,            cerdas, tuntas dan berkualitas melebihi ekspektasi, serta       menjaga nama baik almamater.

 

Guru

Fairus, S.Pd

Bendahara Unit

Hetty Mulyati, S.Pd

Sekretaris Unit

Mia Natalia P, S.Pd

Wakil Kepala Unit

Struktur Organisasi

Visi Misi

Visi

“Menjadi Sekolah Terdepan Dalam Mewujudkan Generasi Islami Yang Memiliki Keunggulan Global”.

Misi

  1. Menyelenggarakan ekosistem pendidikan bermutu dan menerapkan kurikulum yang membangun kesadaran diri dalam Hablumminallah, Hablumminannas dan Hablumminal’alam dalam upaya pengembangan optimal potensi dan kompetensi peserta didik sesuai fitrah perkembangan dan tuntutan zaman, sehingga terlahirkan generasi islami yang unggul dalam prestasi dan memiliki keunggulan global.
  1. Menanamkan aqidah yang lurus bermanhaj ahlussunnah wal jama’ah dan mengajarkan ibadah yang sesuai dengan Al Qur’an dan sunnah
  2. Menanamkan Akhlaqul Karimah berbasis keimanan dan kesadaran insaniah kepada Peserta Didik  
  3. Mengembangkan ruhiyah, fikriyyah dan jasadiyyah peserta didik, melalui proses pembelajaran yang menghargai fitrah insaniah dan tahapan perkembangan untuk memunculkan keunggulan yang telah dikaruniakan Allah SWT
  4. Meningkatkan kemampuan pendidik  dan tenaga kependidikan untuk menjadi qudwah hasanah dalam ilmu, amal, ibadah dan akhlakul karimah

 

  1. Mengembangkan sumberdaya manusia yang unggul, kompeten, dan religius secara terencana dan berkelanjutan.
  2. Menerapkan sistem manajemen mutu berstandar internasional dan digitalisasi sistem pengelolaan sekolah yang amanah dan profesional.
  3. Menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang relevan, baik di dalam maupun luar negeri,  untuk mengembangkan lembaga agar mampu berkontribusi sebesar-besarnya bagi peningkatan kualitas pendidikan dan dakwah.

 

Kurikulum

TAUFIQI SCHOOL mengembangkan kurikulum Nasional menjadi kurikulum khas TAUFIQI SCHOOL, yaitu Kurikulum MADANI.

Kurikulum MADANI: Mahabbah, Al Quran, Adab, Sains Teknologi, Rabbani, Islamic Leadership

Kurikulum ini disusun dengan menjadikan Al quran, adab, ilmu pengetahuan dan sains teknologi dibalut dengan rasa kasih sayang yang bersumber dari nilai religiusitas untuk melahirkan insan Rabbani, insan Sosial, insan Pemimpin dan insan Madani yaitu orang yang dekat dengan Allah, memiliki sifat dan peran sesuai dengan yang diharapkan Allah SWT (khalifah fil ard).

Mahabbah: rasa kasih sayang menjadi ruh iklim sekolah dalam interaksi sehari-hari yang tumbuh dari nilai-nilai religiusitas dan akan memicu tumbuhnya rasa peduli, saling menghargai dan bertanggung jawab, baik secara individu maupun dalam komunitas sekolah.  

Al Quran: menjadikan AlQuran dan sunnah sebagi dasar dan sumber pengkajian ilmu-ilmu yang dipelajari untuk membentuk mind set yang menyelamatkan manusia.

Adab : Adab sebelum ilmu, akan menjadi sebab kemudahan dan kebermanfaatan ilmu, sehingga penanaman adab dilakukan lebih dahulu sebelum belajar yang lainnya.

Sains teknologi:mempelajari  ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pendekatan project based learning dan beragam metode belajar yang ramah otak dan melibatkan semua indera.

Rabbani : melahirkan orang-orang yang memiliki kedekatan hati-ruhiyah dengan Allah (hablumminallah), memiliki sifat dan peran sesuai dengan yang diharapkan oleh Allah SWT dalam berkehidupan kebangsaan tataran dunia (khalifah fil ard)

Islamic Leadership: menjadikan Al Quran dan sunnah sebagai sumber nilai-nilai kepemimpinan dan meneladani praktek kepemimpinan rosululullah dalam manajemen diri, orang lain dan bernegara.

 

Proses Belajar Mengajar

Proses pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada prinsip pembelajaran Kurikulum Madani, yaitu :

  • Mengkaji konsep-konsep dasar materi melalui aktivitas tafakur dan tadabur. Melakukan eksplorasi untuk menggali pengetahuan melalui beragam metode dan pendekatan. Memfasilitasi siswa memahami nilai-nilai islam, pengetahuan dan keterampilannya dalam setiap bidang studi sehingga akan semakin mengenal dan dekat dengan Allah SWT.
  • Sebuah proses secara sadar untuk merefleksikan berbagai pengetahuan dan pemahaman yang digali dan sudah dimilikinya ke dalam dirinya serta berlatih memasukan nilai-nilai kebaikan dalam pemikiran dan sikapnya.
  • Mempraktekan pemahaman dan nilai-nilai kebaikan yang sudah dipelajarinya, melalui kegiatan pembiasaan ibadah dan amalan-amalan soleh yang nyata.

Berupaya memperluas amal-amal kebaikan dan kebermanfaatnya bagi sekitarnya.